5 Penyebab Tidak Bisa Instal Aplikasi di Playstore yang Perlu Diketahui

Instal AplikasiPara pengguna smartphone Android, pasti sangat mengandalkan Playstore untuk mendapatkan dan memasang aplikasi baru di smartphonenya. Namun, ada kalanya para pengguna tidak bisa instal aplikasi di Playstore, karena berbagai alasan.

Aplikasi yang tidak bisa dipasang di smartphone melalui Playstore, sebenarnya merupakan masalah yang cukup sering terjadi. Penyebabnya bukan selalu karena smartphone sudah rusak, apalagi para pengguna sampai harus ganti smartphone.

Jangan sampai para pengguna merasa kesal dulu dengan aplikasi yang tidak bisa diinstall. Ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab mengapa aplikasi tidak bisa dipasang. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penyebabnya berikut:

1. Ruang Memori Smartphone Memang Sudah Tidak Cukup

Setiap smartphone memiliki kapasitas ruang memorinya sendiri. Ada yang memiliki ruang memori besar, ada juga yang ruang memorinya cukup terbatas. Setiap smartphone pun memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Jika ada banyak aplikasi yang dipasang di smartphone atau memori sudah penuh, tentu pada akhirnya para pengguna tidak bisa install aplikasi lagi. Karena memang sudah tidak ada ruang yang tersisa.

Oleh karena itu, para pengguna tinggal menghapus beberapa aplikasi atau data pada smartphone. Dengan begitu, akan ada ruang memori lagi untuk menyimpan aplikasi baru.

 2. Versi Aplikasi Memang Sudah Tidak Mendukung

Penyebab tidak bisa instal aplikasi di Playstore yang selanjutnya adalah karena memang smartphone sudah tidak mendukung lagi untuk aplikasi. Suatu aplikasi sering kali melakukan update, sehingga spesifikasi smartphone juga harus mengikuti versi dari aplikasi tersebut.

Bahkan, ada pula beberapa aplikasi yang memang hanya bisa dipasang di smartphone dengan spesifikasi tertentu saja. Karena itu, jika ada kegagalan dalam penginstalan, periksa terlebih dahulu. Apa memang aplikasi yang dipasang diperuntukan spesifikasi smartphone.

Jika bukan, para pengguna bisa mencari spesifikasi yang lebih memadai atau versi aplikasi lain yang lebih sesuai. Karena percuma saja jika dipaksakan untuk dipasang, karena tidak akan dapat dipakai pula.

3. Adanya Error pada Smartphone

Kesalahan dan kegagalan instal aplikasi, bisa saja berasal dari smartphone. Mungkin saja, smartphone dipaksa melakukan berbagai kegiatan sekaligus ketika sedang digunakan. Hal ini memungkinkan terjadinya error pada sistem dan crash.

Karena itu, jangan terlalu memaksakan smartphone untuk melakukan beberapa tugas sekaligus. Jika bisa ketika melakukan pemasangan aplikasi, jangan barengi dengan aktivitas yang lainnya pada aplikasi. Hal ini agar proses pemasangan berjalan lancar tanpa adanya crash.

4. Kesalahan Saat Proses install

Kesalahan dan kegagalan instal aplikasi bisa juga berasal dari proses install itu sendiri. Apalagi, jika sebelumnya, para pengguna pernah melakukan root pada smartphone Android yang digunakan. Karena pastinya akan ada perubahan sistem pada direktori smartphone.

Untuk mengatasi hal ini, para pengguna harus berusaha mengembalikan pengaturan smartphone menjadi seperti semula terlebih dahulu. Dengan begitu, smartphone bisa dipasang dengan cara yang normal.

5. Jaringan Internet yang Tidak Memadai

Penyebab terakhir dari tidak bisa instal aplikasi adalah jaringan internet yang tidak memadai. Untuk melakukan download aplikasi dan install melalui Playstore, semuanya dibutuhkan jaringan internet untuk menyelesaikan prosesnya.

Jika jaringan internet lemah dan tidak memadai proses download sampai install, tentu saja akan menyebabkan proses install tidak bisa dilakukan. Oleh karenanya, pengguna wajib memiliki jaringan internet yang memadai, ketika akan menginstal aplikasi di playstore.

Itulah 5 penyebab tidak bisa instal aplikasi di Playstore. Para pengguna diharapkan untuk mengetahui hal yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu. Oleh karenanya, akan lebih mudah untuk mencari solusinya.

Baca Juga

Floating Ads Adalah

Ingin Bisnis Anda Terkenal? Floating Ads Adalah Solusinya!

Apakah Anda pernah melihat iklan yang melayang di atas halaman situs web? Itulah yang disebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *